jual papan tulis hitam

Kamis, 25 Februari 2016

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri


Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri, Pada prinsipnya membuat papan tulis kapur adalah pekerjaan yang mudah dan dapat dibuat sendiri di rumah. Untuk membuat papan tulis hitam sendiri di rumah berikut beberapa bahan dan perlengkapan yang harus disiapkan:


Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri




Bahan untuk membuat papan tulis hitam atau blackboard antara lain: plywood multiplek atau papan lembaran terdiri lebih dari tiga lapis (kalo tiga lapis disebut triplek), untuk membuat papan tulis hitam sendiri pakai bahan yang keras (biasanya bahan kayu meranti atau kamper),ketebalan bisa menggunakan 4-12mm tergantung dengan ukuran papan tulis hitam yang akan dibuat. Untuk membuat papan tulis hitam dengan ukuran sedang bisa menggunakan ketebalan 6-8mm,sedang jika ingin membuat papan tulis hitam seukuran standart plywood / triplek bisa digunakan ukuran 12mm.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri

Bahan berikutnya adalah bahan untuk bingkai papan tulis hitam. Untuk membuat bingkai papan tulis hitam dengan motif yang bagus dapat menggunakan kayu jati, pinus, akasia atau jati belanda. Masing-masing bahan mempunyai kelebihan dan kekurangan, misal kayu jati mempunyai motif yang bagus dan awet namun harganya relatif mahal, pinus memiliki motif yang bagus namun jika tidak mendapatkan bahan yang kering kayu pinus mudah memuai dan bengkok, kayu akasia bagus motif hanya tidak disetiap tempat ada, kayu jati belanda motifnya bagus hanya jarang sekali mendapatkan bahan yang benar-benar baik karena hampir sebagian besar kayu jati belanda dipasaran adalah kayu bekas palet.


Bahan yang satu ini pasti pada tahu semua, iya ini adalah cat papan tulis hitam atau blackboard atau chalkboard. Cat papan tulis hitam umumnya berwarna hitam, walaupun ada juga yang berwarna hijau tua. Cat papan tulis hitam ini bisa didapatkan di toko bahan bangunan atau toko khusus cat. Sedangkan bahanpendukung lainnya yang juga perlu disiapkan adalah paku, sekrup, baut dan lem.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri

Peralatan yang digunakan untuk membuat papan tulis hitam sendiri diantaranya adalah gergaji (gergaji belah maupun gergaji potong), palu, meteran, penggaris siku, kuas, obeng, mesin trimmer, mesin paku angin.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri

Untuk memudahkan memahami proses pembuatan papan tulis hitam, secara umum kita menjadi tiga bagian, pertama adalah pembuatan bingkai papan tulis hitam, kedua pembuatan media papan dan yang ketiga finishing. Proses pembuatan bingkai pertama kali adalah menyiapkan kayu menjadi ukuran yang akan kita gunakan misalnya 4x1,5cm dengan panjang papan tulis hitam yang akan kita buat.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri




Langkah pembuatan bingkai papan tulis hitam selanjutnya adalah memotong sudut kayu bingkai menggunakan mesin miter saw, jika tidak ada bisa menggunakan gergaji biasa, untuk sudutnya bisa menggunakan penggaris siku. Hasil pemotongan dengan mesin potong sudut menjadi seperti gambar berikut ini.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri

Menggabungkan bingkai kayu papan tulis hitam yang sudah di potong sudut menggunakan paku sudut.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri




Supaya bingkai papan tulis hitam tidak polos begitu saja bisa dibuat profile menggunakan mesin router, sehingga bingkai papan tulis misalnya bisa seperti gambar berikut ini.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri


Tahap kedua setalah bingkai papan tulis hitam selesai dibuat adalah menyiapkan media papannya. Prosen pembuatan media papan tulis hitam relatif lebih mudah. Langkah pertama adalah memotong lembaran papan sesuai dengan ukuran bingkai papan yang sudah selesai dibuat. Setelah memotong bahan media papan langkah selanjutnya adalah mengisi pori-pori papan dengan pengisi pori (wood filler), setelah kering wood filler nya  penganplasan (sanding) setelah itu siap untuk dilakukan pengecatan dasar dan pengecatan lanjutan.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri


Jika media papan tulis hitam sudah selesai dibuat, langkah berikutnya adalah menggabungkan antara bingkai dan media papan tulis hitam menggunakan paku.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri

Setelah bingkai dan media papan tulis hitam disatukan langkah terakhir adalah finishing, termasuk dalam proses finishing disini adalah pewarnaan bingkai papan tulis hitam sesuai yang kita kehendaki.

Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri


Demikian sekilas info bagaimana Cara Membuat Papan Tulis Hitam Sendiri, semoga bermanfaat.

3 komentar: